Kamis, 06 Oktober 2016

Belajar Bahasa Mandarin Lengkap Untuk Dasar

 Bahasa Mandarin itu Keren. Cara pembacaan dan penulisan sangat beda. 
Misalnya, Hanzi 哥哥, pinyinnya adalah gēge, sedangkan pembacaanya keke..

 Berikut ini adalah salah satu contoh yang menyebabkan banyak orang merasa kesulitan belajar bahasa Mandarin. Sebenarnya yang diperlukan hanyalah Sensei (guru) yang bisa membimbing dengan baik

 Belajar bahasa Mandarin, sama seperti halnya belajar bahasa asing, ada 5 cara dasar yang harus diMengerti. Di dalam kesempatan ini saya akan membagikan cara-cara saya berdasar 5 cara dasar ini..

1. Cara Mendegarkan


 Cara Mendengarkn suara, setiap orang pasti bisa mendengarkn bunyi atau suara. Tapi bukan itu yang saya Tunjukan. tetapi cara mendengarkan dan mengenali perbedaan bunyi kata (
shengmu,, yinmu dan shendiao) arti kata dalam bahasa Mandarin.

 Belajar mendengarkar melalui film ataupun Musik yang berbahasa Mandarin. nonton siaran berita, di TV, download atau beli lagu, film, serial drama ataupun serial anime yang Anda sukai.  

 Dengarkan Musik saat Anda di rumah, di jalan, di tempat umum, dimanapun anda berada, nyalakan TV yang berbahasa Mandarin saja saat Anda melakukan aktivitas seharian di sekitar  anda. Intinya adalah mengalirkan bahasa Mandarin sebanyak mungkin ke otak Anda agar terbiasa.








2. Cara Berbicara
 Seperti penjelasan Cara Mendengarkan di atas, tentang cara bicara Anda secara alami, tapi ini adalah cara menirukan bunyi bahasa yang sudah Anda dengarkan. dan anda bisa mengucapkan sebuah kata atau bahasa baru, jika Anda sudah pernah mendengar bunyi bahasa atau kata yang diucapkan.

 Jadi, Ikutilah atau Tirukanlah suara yang Anda dengar. Nyanyikan lirik sebuah lagu yang Anda dengar, tirukan sebuah dialog dalam film, drama atau anime yang Anda lihat selama beraktivitas..







3. Cara Membaca

 Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tulisan Mandarin ini mudah dan unik. Dalam bahasa mandrin ini, tidak menggunakan abjad (A-Z). Bagian terkecil dari kalimat dalam bahasa Mandarin bukanlah huruf, tapi kata ataupun ungkapan. Jadi bisa dipikirkan berapa banyak jumlah kata yang harus dipelajari, mesti harus di ingat dan di latih.


 Jadi jangan bimbang  dan ragu bntuk belajar, dari sekian ratus ribu kosakata, pada kenyataannya hanya ada sekitar 3.000 sampai 5.000 kosa kata yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Belajarlah secara bertahap ( step by step ) dan jangan bangga akan hasil banyak secara instan. Belajar adalah suatu proses tapi pasti.


Saran saya untuk belajar dasar, pelajarilah PINYIN terlebih dahulu, Lalu pelajari HANZI. 

Apa itu Pinyin ????
 Pinyin adalah cara membaca Hanzi. Ini yang sering saya katakan dalam pembahasan kali ini. Definisi menurut Wikipedia adalah sistem romanisasi atau notasi fonetis dan alih aksara ke aksara Latin. untuk bisa bahasa Mandarin, yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.


 Ada 3 hal yang harus Anda ketahui mengenai Pinyin. Yaitu Yinmu (vokal atau bunyi hidup), Shengmu (konsonan atau bunyi mati) dan Shengdiao (nada).

Di bawah ini saya sertakan bagian lengkap 
Dari Yinmu dan Shengmu ;


Bagian YINMU dan SHENGMU



Bagian SHENGDIAU



   Untuk mengetahui bagaimana persisnya pembacaan pinyin dan shengdiao ini diucapkan, saat ini banyak sekali web di internet yang menggunakan media sosial untuk membantu belajar secara mandiri dan alami. Meskipun begitu, jika ada banyak kesempatan dan dana lebih untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin.. ikutilah..
karena ini hanya cara untuk membantu pengetahuan kita bersama..






4. Cara Menulis


 Jika Anda sudah pernah mengetahui dan menguasai pinyin, ini saatnya anda untuk belajar mengenal dan menguasai Hanzi. 
Hanzi adalah huruf Han. Han adalah sebuah suku mayoritas di Tiongkok. Karena jumlah totalnya sekitar 92 % dari total penduduk Tiongkok, makanya bahasa suku ini diangkat menjadi bahasa nasional di china.

 Menulis huruf Han ataupun Hanzi tidak bisa sembarangan. karena aturan menulis Hanzi ada dua cara, yaitu Bihua dan Bishun. menguasai aturan ini terlebih dahulu, jika anda ingin menguasai teknik dasar, Anda akan bisa menggandakan tulisan hanzi apapun meski Anda belum pernah melihat huruf itu sebelumnya ataupun belum pernah melafalkan maupun mengetahui artinya.

Bihua

 Bihua atau guratan adalah unit terkecil dalam penulisan huruf Han, ada sekitar 30-an jenis. Berikut Contoh Tabel di bawah ini :




Bishun


Bishun adalah urutan menulis guratan untuk membentuk sebuah hanzi. Berikut adalah Contoh dasarnya:




  • Tulis  横  (héng) terlebih dahulu, kemudian  竖  shù, misalnya : ( 十、干 )
  • Tulis  撇  (piě) terlebih dahulu, kemudian  捺  nà, misalnya :(  人、八、入 )
  • Tulis dari atas ke bawah, misal : ( 三、王、它 )
  • Tulis dari kiri ke kanan, misal : ( 你、好、礼、他 )
  • Tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam, misal : ( 同、见、间 )
  • Tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam dan tutup, misal : ( 国、园、因 )
  • Tulis tengah terlebih dahulu, kemudian samping kiri kanan, misal : ( 小、水 )





    Contoh



    5. Cara Menterjemahkan                                                                                                                                                                                                                                                                               
        Terutama untuk level dasar, cara ini bukanlah menterjemahkan kalimat, sebuah lagu maupun karangan. Tapi paling penting untuk menguasai banyak kosa kata baik yang berupa kata ganti orang, kata benda, kata kerja, kata penggolong, kata keterangan tempat, kata keterangan waktu, dan sebagiannya.                                                                                                             Cobalah sebutkan benda-benda di sekitar kita, kondisi cuaca, jam, hari, tanggal, silsilah keluarga, dan seterusnya menggunakan bahasa Mandarin. Gunakan kamus atau internet.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Terima kasih, sekian dan tunggu pembahasan berikutnya, semoga bermanfaat...
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar